Perancangan Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality Sebagai Sarana Meningkatkan Promosi Pada STMIK Masa Depan
Deskripsi
ABSTRAK
STMIK Masa Depan adalah suatu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan yang berlokasi di
Jalan Gatot Subroto No. 9 Cimone, Kota Tangerang. Salah satu sarana yang menjadi media
dalam pemasaran yang digunakan saat ini brosur yang berisi informasi program studi, alamat,
rincian biaya serta infomasi spesifikasi berupa gambar untuk calon mahasiswa. Seiring
perkembangan teknologi keberadaan brosur tersebut terlihat kurang memuaskan, dikarenakan
tampilan brosur yang hanya menyajikan tulisan atau gambar dalam bentuk dua dimensi dan
terkadang calon mahasiswa kurang paham dengan isi brosur yang hanya disampaikan dengan
tulisan dan gambar dua dimensi tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis
sistem yang berjalan dan merancang sistem usulan sebagai alternatif permasalahan yang ada.
Metode yang digunakan yakni wawancara langsung, observasi, dan studi pustaka. Sedangkan
untuk menganalisa dan perancangan sistem, menggunakan metode Unified Modelling Language
(UML) dan perancangan Augmented Reality (AR). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi brosur
interaktif berbasis Augmented Reality yang menampilkan gambar berupa 3D Gedung dan video
informasi penerimaan mahasiswa baru dan biaya kuliah di STMIK Masa Depan. Kegunaan dan
manfaat dari brosur interaktif berbasis augmented reality untuk memperkenalkan teknologi
augmented reality di dunia pendidikan, khususnya di perguruan tinggi agar bisa diterapkan dalam
media pembelajaran animasi dan desain grafis. Selain itu, dapat membantu mempromosikan
kampus kepada calon mahasiswa agar lebih interaktif dan kreatif dalam penyampaiannya.
Kata Kunci: Perancangan, Brosur, Promosi, Augmented Reality, UML, 3D
Perancangan Sistem Informasi Penilaian Tingkat Kepuasan Civitas Academica Terhadap Pelayanan Manajemen Berbasis WEB pada STMIK Masa Depan
Deskripsi
ABSTRAK
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Masa Depan adalah
suatu perguruan tinggi swasta yang terdapat di Tangerang yang selalu berupaya meningkatkan
mutu internal secara berkelanjutan agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain. Salah satu
upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan penilaian tingkat kepuasan civitas academica
terhadap pelayanan manajemen. Penilaian tersebut untuk mengetahui bagaimana pelayanan
yang ada di STMIK Masa Depan sebagai salah satu faktor terpenting dalam proses kegiatan
civitas academica. Kondisi saat ini penilaian yang dilakukan masih menggunakan cara
konvensional yaitu kuesioner dibagikan dan diisi secara manual, sehingga proses penilaian
menjadi lambat, tidak akurat dan membutuhkan waktu yang banyak dalam merekapitulasi hasil
evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi kuesioner berbasis web,
menggunakan bahasa pemrograman PHP, dengan database MySql dan metode peneliatian
yaitu: a. Pengumpulan data (wawancara, observasi, dan kepustakaan), b. metode analisis
menggunakan perancangan sistem dengan UML. Simpulannya adalah sistem penilaian tingkat
kepuasan civitas academica di STMIK Masa Depan berbasis web bersifat real time dan proses
pengolahan data dalam pembuatan laporan masih lambat, dengan memanfaatkan internet
sehingga aplikasi ini dapat memudahkan civitas academica dalam melakukan pengisian
kuesioner kapanpun dan dimanapun.
Kata Kunci:
Sistem Informasi, penilaian, kuesioner, web